5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Anak

Sebagai orang tua, Moms pasti menginginkan anak tumbuh kembang dengan optimal. Tak heran jika Moms akan melakukan berbagai cara agar bisa memberikan makanan sehat untuknya; terutama ketika anak tidak mau makan. Untung saja, ada vitamin penambah nafsu makan anak yang bisa menjadi solusi ketika anak tidak mau makan. Selain memberinya zat tersebut, Moms juga dapat mensuplainya dengan beberapa rekomendasi makanan sehat berikut!



Rekomendasi Makanan Sehat untuk Anak

1.      Selai Kacang

Banyak ibu tidak yakin untuk memberikan makanan ini kepada anak karena khawatir akan kandungan lemak dan timbulnya alergi. Namun, sebenarnya Moms bisa memilih kacang yang mengandung rendah lemak, kaya akan vitamin A, zat besi, vitamin B6, vitamin E, asam folat, magnesium, dan zink yang sangat penting untuk tambahan protein buat si kecil.

2.      Sereal

Makanan sehat untuk anak yang sudah populer di kalangan ibu adalah semangkuk sereal manis yang cocok sebagai menu sarapan sehat. Moms juga bisa memilih sereal tidak manis sehingga anak tidak kelebihan kandungan gula.

Sereal biji-bijian utuh dengan kandungan fortifikasi kalsium dan serat sangat bagus untuk dikonsumsi anak. Sebab, sereal seperti ini dapat menambah zat besi, vitamin, dan mineral pada tubuh anak.

3.      Sayuran

Makanan ini wajib untuk dikonsumsi semua kalangan, terutama anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Sebenarnya banyak anak yang menyukai sayuran seperti wortel, kentang, jagung yang memiliki kandungan tinggi serat, vitamin, dan kalium. Namun, beberapa Moms terkadang kurang membiasakan anak untuk makan sayuran sejak dini.

Untuk itu, Moms dan anggota keluarga lain perlu memberikan contoh dengan rajin mengonsumsi sayuran di hadapan anak. Kemudian, selalu sajikan pula porsi kecil sayuran untuk anak saat jam makan. Hal ini tentu akan membuat anak lebih terbiasa memakan sayuran.

4.      Telur

Lauk satu ini termasuk makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi, seperti omega 3, asam folat, vitamin, kolin. Meskipun telur mengandung kolesterol tinggi, makanan ini tetap aman untuk anak jika Moms berikan cukup satu butir setiap hari; kecuali untuk anak yang memiliki alergi terhadap telur.

5.      Ikan Tuna

Banyak orang tua yang tidak sadar bahwa mengonsumsi ikan tuna sangat baik untuk anak karena khawatir akan kandungan merkurinya. Namun jika dikonsumsi dalam porsi sedang, ikan tuna tidak bermasalah untuk anak-anak.

Sebagai informasi, ikan tuna memiliki kandungan protein yang sangat baik, vitamin, mineral, juga omega-3. Seorang anak dianjurkan makan ikan dengan porsi 60 gram atau satu ekor per sajian.

Itulah beberapa rekomendasi makanan sehat untuk anak yang wajib Moms coba rutin berikan padanya demi tumbuh kembangnya. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments